Rabu, 12 Januari 2022

MANAJEMEN PROYEK DAN PROJECT CHARTER

   Manajemen Proyek dan Project Charter

Assalamualaikum wr.wb

Hai semuanya, kali ini saya akan menjelaskan informasi tentang manajemen proyek.

A.Pengertian

A,1. > Proyek adalah suatu paket / rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu, dengan alokasi sumber daya tertentu, dan untuk mencapai sasaran tertentu (yang telah digariskan dengan jelas).
    
    > Ciri Proyek
     1. Merupakan suatu paket / rangkaian kegiatan.
     2. Memiliki tujuan khusus (sasaran dan kriteria yang jelas)
     3. Jumlah biaya sudah ditentukan (Plafond)
     4. Jangka waktu pelaksanaan sudah pasti (terbatas, sehingga jadwal kegiatan harus ditentukan)
     5. Bersifat sementara ; umumnya dibatasi oleh selesainya waktu. (Titik awal dan akhir di tentukan         dengan jelas)
     6. Non rutin / tidak berulang ulang.

    > Kriteria Proyek :
     Supaya berhasil maka : 
     1. Menggambarkan realitas situasi pengambilan keputusan
     2. Kapabel untuk dilaksanakan
     3. Fleksibel dalam menghasilkan produk yang diharapkan
     4. Mudah diimplementasikan
     5. Cos effectiveness.

    > Contoh Proyek :
     1. Pendidikan multikulturan
     2. Pengembangan SD / SMP Terpadu (dalam satu atap = satu manajemen)
     3. Pendidikan Bilingual  
     4. Pendidikan keunggulan lokal
     5. PGSD

    > Jenis Proyek Pendidikan
    Dilihat dari komponen kegiatan utama proyek ada 5 macam proyek :
     1. Proyek Konstruksi (ex: pembangunan gedung sekolah)
     2. Proyek Manufaktur (untuk menghasilkan produk baru
     3. Proyek pelayanan manajemen (hasilnya berupa laporan akhir)
     4. Proyek Kapital (untuk investasi, ex: pembebasan tanah)

#Proyek dan Pendidikan 

Proyek tidak sama dengan Program

> Proyek : Paket / Rangkaian kegiatan yang meruperakan bagian dari program, berlangsung dalam jangka waktu yang telah ditentukan (terbatas) dengan alokasi sumber daya ttt dan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan (indikatornya jelas).
> Program : Sederetan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Perbandingan Proyek dan Program
Perbedaannya pada kurun waktu pelaksanaan dan besarnya sumber daya yang diperlukan.
* Program memiliki skala kegiatan yang lebih besar dari pada proyek.
* Program (deretan kegiatannya) dapat dipecah menjadi proyek.
* Persamaannya:Isi dari Program dan Proyek adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan ttt.

2. > Manajemen adalah rangkaian kegiatan (dalam proses memimpin dan mengendalikan kegiatan              anggota organisasi) dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
    
    > Cara Manajemen : merencanakan jenis maupun bentuk / isi kegiatan anggota,mengorganisir, menjelaskan cara melakukan kegiatan, mengkoordinir dan mengevaluasi.
    > Definisi Manajemen Proyek (H. Kerzner: 1982)
   * Kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengendalikan sumber daya lembaga untuk                      mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan.
  
   * Manajemen Proyek menggunakan pendekatan sistem dengan hirarki (arus kegiatan) vertikal maupun horisontal.

  Manajemen Proyek diperlukan :
  1.Supaya target tercapai
  2.Ingin melakukan perubahan dan atau pengembangan 
  3.Memerlukan kecepatan (not business as usual)
  4.Ketika dibutuhkan lintas sektoral,karena tidak dapat dilakukan melalui birokrasi organisasi yang ada
  5. Untuk mendukung pelaksanaan rencana strategik
  6. Memerlukan terobosan.


 Project charter
Project Charter adalah suatu landasan serta definisi formal bagi sebuah proyek. Menurut buku 
"Project manajemen institude" adalah dokumen yang dibuat oleh sponsor atau project initiator yang secara formal mempunyai kewenangan atas suatu project, dan memberikan keenangan kepada project manager untuk menggunakan resource pada aktivitas aktivitas project.

Project charter ini berguna untuk :
1. Pendefisian awal awal proyeks secara jelas;
2. Mengenali atribut-atribut suatu proyek;
3. Identifikasi autoritas suatu proyek (sponsor, manajer, anggota utama tim kerja);
4. Peran kerja orang orang utama yang terlibat dan kontak informasinya;
5. Pondasi yang menopang jalannya proyek (batasan awal dari visi dan misi proyek)

3 poin penting dalam kerja :
1). Pengetahuan : informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang.
2). Skill : sebuah kemampuan untuk melakukan sesuatu.
3)  Attitude : sikap, perilaku dan tingkah laku seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain.


Demikian sedikit penjelasan informasi dari saya hari ini, mohon maaf jika masih ada kesalahn kata, semoga dapat dimengerti dengan baik, sekian dan terimakasih.


Wassalamualaikum wr.wb







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CERDAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL

  A. PENDAHULUAN  a. Pengertian - Cerdas adalah kemampuan mental seseorang dalam menghadapi suatu persoalan. - Kecerdasan Emosional (Emotion...