Senin, 17 Januari 2022

LINK AND MATCH SMK BALEKAMBANG DENGAN MITRA DUDI

LINK AND MATCH SMK BALEKAMBANG DENGAN MITRA DUDI




Assalamualaikum wr.wb 

Hai teman teman, kembali lagi di blog saya kali ini. Di kesempatan kali ini saya akan membahas pengalaman saya tentang LINK AND MATCH dengan Dudi di SMK BALEKAMBANG. 

A.PENGERTIAN

Link and match adalah kebijakan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dikembangkan untuk meningkatkan relevansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kebutuhan dunia kerja, dunia usaha serta dunia industri khususnya.

Pada hakikatnya konsep link and match dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan kebutuhan tenaga kerja.


Lulusan yang mempunyai kompetensi bertujuan untuk BMW yang merupakan kepanjangan dari:

  *(B) Bekerja 
  *(M) Melanjutkan studi
  *(W) Wirausaha 


Untuk menunjang lulusan yang kompeten sangat dibutuhkan kemampuan yang baik melalui hard kills, soft skills, dan karakter. Link and match itu bukan sekedar tanda tangan Mou namun bisa dengan paket 8+1 yaitu:

     1.Sinkronisasi Kurikulum
    
     2.Pengembangan Soft skills dengan projek base learning

     3.Pengajar dari industri

     4.Magang minimal satu semester

     5.Sertifikasi Kompetensi

     6.Pengajar belajar di industri    

     7.Membuat produk yang dihilirkan ke pasar    

     8.Komitmen penyerapan tenaga kerja oleh industri

Menurut Hetifah, adanya link and match pendidikan vokasi dengan dunia industri ini menjadi salah satu kunci berhasil industri masa depan. Dengan pendidikan vokasi ini indonesia mampu mencetak kesiapan tenaga kerja dan SDM yang unggul di bidang industri.

B.LATAR BELAKANG     

Latar belakang saya membuat blog ini untuk mengisi blog harian saya.

C.MASUD DAN TUJUAN

Agar saya mampu mengerti kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standarisasi yang saya harapkan.

D.HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang saya harapkan itu memiliki kemampuan kerja yang sesuai dengan standarisasi.

E.JANGKA WAKTU

Saya berangkat dari BLC Telkom Klaten sekitar jam 04.30 sampai disana seharusnya jam 08.00 tapi karena berhenti istirahat dan makan dulu, jadi terulur waktunya dan kita sampai disana jam 09.30.

E.HASIL YANG DI DAPAT

Hasil yang saya dapatkan disana yaitu saya bisa mengerti bahwa kita bekerja itu harus ada kemampuan yang sesuai dengan diri kita.


Sekian dari saya, jika ada kata-kata yang kurang dimengerti saya mohon maaf.



Wassalamualaikum wr.wb





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CERDAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL

  A. PENDAHULUAN  a. Pengertian - Cerdas adalah kemampuan mental seseorang dalam menghadapi suatu persoalan. - Kecerdasan Emosional (Emotion...